Jumat, 04 Januari 2013

Merek Produk Familiar yang Menjadi Wakil Produk Lain di Indonesia

Mengucapkan merek produk saat kita tanpa sadar menyebut satu barang dengan salah satu brand/merek produk itu yang sudah terkenal. Padahal kita menggunakan merek produk lain. Untuk keadaan ini, istilah itu biasa disebut Brand Image atau Main Branding. Dalam pelajaran bahasa Indonesia disebut majas Metonimia. Dengan strategi marketing yang brilian menjadikan merek produk tersebut Market Leader.

1. Odol
produk_odol

Odol merupakan salah satu produk familiar yang biasa di sebutkan ketika kita akan membeli pasta gigi, baik penjual atau pembeli menamakan semua produk yang sejenis pasti menyebutnya dengan Odol.

Odol merupakan merek terkenal pada masanya walau saat ini sudah tidak ada. Odol pertama kali diproduksi di Jerman oleh Dresden Chemical Laboratory Lingner, yang sekarang dikenal sebagai Lingner Warke AG pada tahun 1892 sebagai cairan pencuci mulut/mouthwash. Odol mouthwash pada tahun 1900-an adalah merek ternama yang paling luas penggunaannya dihampir seluruh daratan Eropa.



2. Aqua (Air Mineral)


air_aqua
Produk air minum Aqua adalah merek terkenal yang mewakili produk lain di Indonesia. bila menyebutkan air mineral, pasti yang terlintas dalam benak kita adalah Aqua dan akan menyebutkan "Aqua" pada saat akan membeli produk trersebut. 

Aqua adalah produk unggulan dari  PT. Aqua Golden Mississippi yang memegang brand sangat cemerlang di Indonesia. Aqua lahir atas ide dari almarhum almarhum Tirto Utomo (1930-1994). Beliau menggagas lahirnya industri air minum dalam kemasan (AMDK) di Indonesia melalui PT Golden Mississippi pada tanggal 23 Februari 1973.

Semula produk Aqua ditujukan untuk masyarakat golongan menengah atas, baik perkantoran maupun rumah tangga dan restoran. Namun, saat berbagai jenis kemasan baru: 1500ml, 500ml, 220ml, dari kemasan plastik mulai diproduksi sejak 1981, maka produk Aqua dapat terjangkau oleh masyarakat luas, karena mudahnya transportasi dan harga terjangkau. Pada tahun 1981, Aqua memutuskan untuk mengganti bahan baku yang semula dari sumur bor ke mata air pegunungan yang mengalir sendiri (self flowing spring).

DANONE meningkatkan kepemilikan saham di PT Tirta Investama dari 40% menjadi 74%, sehingga DANONE kemudian menjadi pemegang saham mayoritas Aqua Group.


3. Softex


pembalut_softex
Softex adalah produk pembalut paling terkenal di Indonesia, Softex juga merupakan produk yang paling mudah didapat dibanding produk-produk lainnya. maka tak heran jika para wanita/perempuan di Indonesia lebih memilih dan menyebutkan "Softex". 

PT. Softex Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dibidang penghasil pembalut untuk kebutuhan wanita, dan PT. Softex Indonesia yang pada awalnya bernama PT. MOZAMBIQUE memproduksi pembalut dengan sistem perekat dengan merek paten Softex.

Dengan bermunculannya merek pesaing, hal ini dirasakan sebagai suatu bentuk ancaman yang cukup serius bagi perusahaan, karena perusahaan merasakan bahwa loyalitas konsumen sudah mulai menurun dan dampaknya pun mempengaruhi penjualan yang semakin menurun. Oleh karena itu perusahaan melakukan langkah yang berupa riset pengembangan produk dan pembentukan strategi pemasaran yang efektif dan tepat sasaran. Selama ± 10 tahun tidak melakukan aktifitas promosi yang berupa kegiatan mengkomunikasikan produk, maka sejak tahun 2003 perusahaan mulai mengiklankan produknya di berbagai media informasi dengan slogan ?Karena Wanita Ingin Dimengerti? dan aktifitas tersebut pun berjalan hingga saat ini.


4. Chiki (Snack/Makanan Ringan)


chiki_snack
Chiki, kata familiar bagi penggemar makanan ringan. Semua pajangan makanan ringan baik di mini market, super market bahkan di warung sekitar rumah sekali pun, mereka akan positif menyebutkan bahwa makanan tersebut adalah Chiki.

Walaupun sekarang pamornya sudah menurun, merek Chiki tetap masih melekat dihati masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan produk Chiki pernah menguasai pasar Indonesia sebagai produk snack terkenal di Indonesia.

Chiki merupakan perintis snack modern yang nama dan kelezatannya tak pernah berhenti disukai anak-anak hingga kini. Saat ini Chiki terbagi atas empat tipe yaitu Chiki Balls, Chiki Potato Stick, dan Chiki Chocolate Stick.


5. Sanyo (Pompa Air)

sanyo
Jenis produk yang satu ini tidak kalah terkenalnya. Merek pompa air Sanyo sudah sangat dikenal sejak dulu. Ketika pompa air manual dan sumur mulai ditinggalkan, Sanyo menjadi pilihan utama saat itu karena sebagai pelopor dan juga kwalitasnya yang bagus. 

Saat ini kata "Sanyo" menjadi icon untuk semua merek pompa air di Indonesia. Apapun jenisnya, mereknya dan bentuknya. Asalkan pompa air, itu namanya Sanyo.

Sanyo  adalah perusahaan elektronik yang bukan hanya memproduksi pompa air, perusahaan ini juga memproduksi televisi, lemari es dan banyak lagi. Tetapi karena sudah familiarnya merek Sanyo sebagai icon pompa air. Produk-produk lainnya dari Sanyo agak tenggelam dan lebih memilih merek lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar